Identifikasi Jersey Original Timnas Indonesia 2018

Akhirnya nulis lagi di sini setelah sekian lama. Tulisan ini bersumber dari kultwit KJTI   dengan Faith Football . Dengan dimulainya Piala AFF sejak beberapa hari lalu, tentunya membuat banyak pendukung Timnas Indonesia yang ingin membeli jersey terbaru dari Timnas. Harga jersey ini di store resmi Nike memang cukup mahal, mencapai 1 juta rupiah, tapi di beberapa online shop bisa didapat dengan harga sedikit lebih murah dibanding di Nike Store. Masalahnya, entah karena ketidak-pahaman atau emang seller yang nakal, ada jersey yang terindikasi KW dan diklaim "original Tuntex", dan di banderol di atas harga jersey KW pada umumnya. Nah untuk menghindari ditipu oleh para oknum seller, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan sebelum membeli jersey Timnas Indonesia terbaru ini. 1. Kerapian jahitan Hal pertama yang bisa diperhatikan adalah kerapian jahitan, terutama pada bagian kerah. Selain itu size tag juga terlihat berbeda antara yang original dengan yang KW, dan tulisan pa

Identifikasi Jersey Original Timnas Indonesia 2014-2018

Tulisan ini merupakan repost dari postingan IG boogieid.sports yang lalu dijadikan kultwit oleh Kolektor Jersey Timnas Indonesia (KJTI). Dengan tulisan ini semoga bisa membantu teman-teman yang ingin beli jersey Timnas Indonesia, tapi masih ragu apakah jersey tersebut original atau KW.



Secara umum, untuk mengidentifikasi jersey Timnas Indonesia 2014-2018 bisa dilihat dari 3 hal, yaitu blacktab, label (untuk jersey BNWT), dan detail kerah dan kerapian jahitan. Yuk kita bahas satu persatu.


1. Blacktab

Sumber: boogieid.sports

Jika kita perhatikan gambar di atas, jersey KW (kiri) pada blacktab-nya tidak ada tahun rilis jersey, tidak ada hologram (hanya benang silver) di bawah tulisan "authentic", dan tidak ada nomor seri. Sedangkan pada jersey original (kanan) blacktab-nya ada tahun rilis jersey (2014), hologram di bawah tulisan "authentic", ada nomor seri.


2. Label

Sumber: boogieid.sports

Untuk jersey BNWT, sudah pasti akan terdapat label di jersey, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari label tersebut. Pertama adalah warna label, Nike memberikan kode warna pada label untuk membedakan ukuran jersey, yaitu:

  • Size S: kuning
  • Size M: biru
  • Size L: merah
  • Size XL: hijau
  • Size XXL ke atas: putih
Di gambar sebelah kiri, terlihat ukuran jersey XL tetapi warna di tag biru. Lalu pada gambar kiri, tidak ada spesifikasi ukuran pada tag yang seharusnya ada (lihat gambar kanan). Nah yang cukup mengerikan, jika lihat kode artikel pada label kiri, sama persis dengan yang original, ditambah pada label jersey KW tersebut juga detail perusahaan pembuat jersey, jadi hati-hati ya! 


3. Detail kerah dan kerapian jahitan

Sumber: boogieid.sports

Detail kerah pada jersey KW (gambar kiri) memakai material kain yang sama dengan jersey, dimana pada jersey original (gambar kanan) seharusnya menggunakan bahan elastis (rib) untuk material kerah. Untuk detail jahitan, secara kasat mata jersey original memiliki kualitas jahitan yang lebih rapi dibandingkan dengan jersey KW.

Itu tadi beberapa hal yang bisa digunakan untuk membedakan jersey Timnas Indonesia 2014-2018 yang original dengan yang KW. Dan belakangan ini ketika kode artikel tembus di google belum bisa jadi jaminan kalau jersey itu original. 

Comments