Identifikasi Jersey Original Timnas Indonesia 2018

Akhirnya nulis lagi di sini setelah sekian lama. Tulisan ini bersumber dari kultwit KJTI  dengan Faith Football.

Jersey Timnas Indonesia Copyright: © nike

Dengan dimulainya Piala AFF sejak beberapa hari lalu, tentunya membuat banyak pendukung Timnas Indonesia yang ingin membeli jersey terbaru dari Timnas. Harga jersey ini di store resmi Nike memang cukup mahal, mencapai 1 juta rupiah, tapi di beberapa online shop bisa didapat dengan harga sedikit lebih murah dibanding di Nike Store. Masalahnya, entah karena ketidak-pahaman atau emang seller yang nakal, ada jersey yang terindikasi KW dan diklaim "original Tuntex", dan di banderol di atas harga jersey KW pada umumnya. Nah untuk menghindari ditipu oleh para oknum seller, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan sebelum membeli jersey Timnas Indonesia terbaru ini.

1. Kerapian jahitan

Hal pertama yang bisa diperhatikan adalah kerapian jahitan, terutama pada bagian kerah. Selain itu size tag juga terlihat berbeda antara yang original dengan yang KW, dan tulisan pada jersey original terlihat lebih tegas dibanding jersey KW.

2. Crest garuda

Material pada crest garuda juga terlihat berbeda, dan yang paling mencolok adalah posisi garuda di crest jersey KW tidak presisi di tengah.

3. Kertas label

Pada jersey original, tulisan di label lebih tipis dan terbaca jelas, sedang pada jersey KW tulisan di label lebih tebal. Tali yang digunakan untuk memasang label ini juga berbeda, jersey original menggunakan tali berwarna hitam, KW menggunakan tali berwarna putih.

4. Label authentic

Mungkin ini adalah yang standar yang harus diperhatikan. Pada jersey original ada pita bening di bawah tulisan "AUTHENTIC" yang jika diterawang ada hologram nike, sendangkan pada jersey KW hanya bordir biasa.

5. Kode produksi

Terakhir, cek kode produksi. Kode produksi jersey Timnas Indonesia yang original untuk home: 893909-687; away: 893910-100. Kode produksi untuk semua size sama, jadi selain kedua kode tersebut bisa dipastikan jerseynya KW. Minimal dari kode produksi ini bisa dicocokan kode warnanya, karena Nike punya kode warna tersendiri yang ditulis di kode produksinya (mungkin akan dibahas di postingan lain).

Well, itu tadi beberapa hal yang bisa diperhatikan sebelum membeli jersey Timnas Indonesia terbaru, terutama jika beli melalui online agar tidak tertipu. Hati-hati kalau ada yang nawarin jersey (dan diklaim sebagai jersey original) dengan harga yang sangat murah, meskipun yang murah belum tentu KW, dan yang KW belum tentu murah. Dan semoga Indonesia bisa berprestasi di Piala AFF tahun ini!

*Disclaimer: Foto milik Faith Football diambil dari Twitter KJTI.

Comments