Identifikasi Jersey Original Timnas Indonesia 2018

Akhirnya nulis lagi di sini setelah sekian lama. Tulisan ini bersumber dari kultwit KJTI   dengan Faith Football . Dengan dimulainya Piala AFF sejak beberapa hari lalu, tentunya membuat banyak pendukung Timnas Indonesia yang ingin membeli jersey terbaru dari Timnas. Harga jersey ini di store resmi Nike memang cukup mahal, mencapai 1 juta rupiah, tapi di beberapa online shop bisa didapat dengan harga sedikit lebih murah dibanding di Nike Store. Masalahnya, entah karena ketidak-pahaman atau emang seller yang nakal, ada jersey yang terindikasi KW dan diklaim "original Tuntex", dan di banderol di atas harga jersey KW pada umumnya. Nah untuk menghindari ditipu oleh para oknum seller, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan sebelum membeli jersey Timnas Indonesia terbaru ini. 1. Kerapian jahitan Hal pertama yang bisa diperhatikan adalah kerapian jahitan, terutama pada bagian kerah. Selain itu size tag juga terlihat berbeda antara yang original dengan yang KW, dan tulisan pa

Ketika Harga Jersey KW Seharga Jersey Original

Piala Dunia 2018 sudah hampir mencapai puncaknya, dimana pada akhir pekan (15/7) nanti laga final yang mempertemukan Prancis dan Kroasia akan dilangsungkan. Tapi di sini saya bukan mau membahas soal final antara kedua tim tersebut, tapi akan coba membahas soal informasi yang baru saya dapat dari linimasa Twitter.

Jadi dari linimasa Twitter itu, ada informasi kalau di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, jersey KW ada yang dijual seharga Rp 450.000. Ga habis pikir sih harga jersey KW segitu.

Terus ada juga informasi di marketplace juga ada yang jual jersey KW dengan harga kurang lebih sama. Setelah dicek, ternyata memang ada yang jual dengan harga cukup gila, bahkan bisa dibilang seharga jersey original. Berikut perbandingannya:


Di marketplace itu, saya coba cari jersey salah satu finalis Piala Dunia 2018, Prancis. Di sana ada seller yang menjual jersey Prancis 2018 KW (ini harga tertinggi) seharga Rp 600.000, dan dari hasil pencarian itu juga, ada yang menjual jersey Techfit Prancis 2010 seharga Rp 750.000. Jika logika yang dipakai, "kan tetep aja yang ori lebih mahal", well, begini jersey Prancis yang putih itu spesifikasinya Techfit atau player issue atau spesifikasi yang digunakan pemain, dan kondisinya pun masih baru (BNWT), jadi dengan menambah Rp 150.000 untuk jersey player issue, rasanya itu deal yang bagus. Kalau argumennya karena jersey yang putih itu jersey lama, sepertinya dengan menambah Rp 200.000 - Rp 400.000 bisa dapat yang original.

Mungkin banyak yang beranggapan jersey original itu mahal, bahkan ada seorang teman yang kaget waktu lihat saya jual beberapa jersey original dengan harga di bawah Rp 500.000. Paradigma jersey original mahal itu tidak sepenuhnya salah, tapi kalau tahu kapan dan di mana belinya, bisa dapat harga yang terjangkau. Kalau saya seringnya beli jersey di tengah atau akhir musim, atau di musim berikutnya, supaya harganya terjangkau. Contoh, jersey kandang Manchester United 2016/2017 di retail itu harganya Rp 949.000 di awal musim, dan saya beli jersey itu di sekitar November 2017 seharga Rp 300.000 saja di marketplace. Good deal, isn't it?


Menjadi yang paling pertama memakai jersey terbaru dari tim kesayangan mungkin terasa keren dan bisa disebut sebagai bentuk dukungan, tapi jika untuk terlihat keren dan bentuk dukungannya itu dengan membeli jersey bajakan, rasanya itu artinya kita cuma mengejar kebanggaan semu.

Comments