Identifikasi Jersey Original Timnas Indonesia 2018

Akhirnya nulis lagi di sini setelah sekian lama. Tulisan ini bersumber dari kultwit KJTI   dengan Faith Football . Dengan dimulainya Piala AFF sejak beberapa hari lalu, tentunya membuat banyak pendukung Timnas Indonesia yang ingin membeli jersey terbaru dari Timnas. Harga jersey ini di store resmi Nike memang cukup mahal, mencapai 1 juta rupiah, tapi di beberapa online shop bisa didapat dengan harga sedikit lebih murah dibanding di Nike Store. Masalahnya, entah karena ketidak-pahaman atau emang seller yang nakal, ada jersey yang terindikasi KW dan diklaim "original Tuntex", dan di banderol di atas harga jersey KW pada umumnya. Nah untuk menghindari ditipu oleh para oknum seller, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan sebelum membeli jersey Timnas Indonesia terbaru ini. 1. Kerapian jahitan Hal pertama yang bisa diperhatikan adalah kerapian jahitan, terutama pada bagian kerah. Selain itu size tag juga terlihat berbeda antara yang original dengan yang KW, dan tulisan pa

Posisi Pemain Berdasarkan Nomor

Dewasa ini nomor punggung pemain tidak selalu menjadi representasi dari posisi bermain dari seorang pemain di lapangan. Misalnya saja, nomor 10 yang identik dengan penyerang atau gelandang serang, pernah dipakai oleh Lupatelli yang merupakan seorang kiper. Akan tetapi sampai sekarang pun, tidak sedikit manajer atau pelatih tim yang menyebutkan nomor (punggung) untuk merujuk pada posisi yang dimainkan oleh sang pemain.

Supaya tidak bingung dengan posisi bermain berdasarkan nomor, berikut ini adalah ilustrasinya.


Di lini pertahanan, #1 selalu identik dengan penjaga gawang, #2 biasanya mengisi posisi bek kanan, #3 di posisi bek kiri, dan #4 dan #5 biasanya mengisi posisi bek tengah. Di lini tengah, #6 identik dengan posisi gelandang bertahan, #8 gelandang tengah, dan #10 gelandang serang. Di lini depan, #7 identik dengan sayap kanan, #11 sayap kiri dan #9 penyerang.

Meskipun begitu, dewasa ini tidak sedikit pemain yang menggunakan nomor punggung "nyeleneh". Yang terbaru adalah Rui Patricio. Sebagai seorang penjaga gawang, Rui Patricio yang baru direkrut Wolverhampton Wanderers, menggunakan nomor punggung 11. Patricio menggunakan nomor punggung 11 sebagai bentuk penghormatan kepada mantan penjaga gawang Wolves, Carl Ikeme, yang harus pensiun dan berjuang melawan leukimia yang dideritanya.

Comments