Identifikasi Jersey Original Timnas Indonesia 2018

Akhirnya nulis lagi di sini setelah sekian lama. Tulisan ini bersumber dari kultwit KJTI   dengan Faith Football . Dengan dimulainya Piala AFF sejak beberapa hari lalu, tentunya membuat banyak pendukung Timnas Indonesia yang ingin membeli jersey terbaru dari Timnas. Harga jersey ini di store resmi Nike memang cukup mahal, mencapai 1 juta rupiah, tapi di beberapa online shop bisa didapat dengan harga sedikit lebih murah dibanding di Nike Store. Masalahnya, entah karena ketidak-pahaman atau emang seller yang nakal, ada jersey yang terindikasi KW dan diklaim "original Tuntex", dan di banderol di atas harga jersey KW pada umumnya. Nah untuk menghindari ditipu oleh para oknum seller, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan sebelum membeli jersey Timnas Indonesia terbaru ini. 1. Kerapian jahitan Hal pertama yang bisa diperhatikan adalah kerapian jahitan, terutama pada bagian kerah. Selain itu size tag juga terlihat berbeda antara yang original dengan yang KW, dan tulisan pa

Hal yang Mempengaruhi Harga Jersey


Beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis tentang apakah harga jersey original itu mahal, di tulisan sekarang ini mungkin saya akan mencoba menulis tentang beberapa hal yang bisa mempengarhui harga jersey. Sepengalaman saya, ada hal lain yang bisa memengaruhi harga jersey, diantaranya adalah cerita, desain, umur, dan spesifikasi dan kondisi jersey tersebut.

1. Cerita
Cerita, ya jersey yang memiliki cerita, misalnya jersey tersebut digunakan oleh tim ketika memenangi kompetisi, atau ketika tim tersebut performanya sedang meningkat dengan jersey tersebut, biasanya akan menjadi incaran penggemar dan kolektor, sehingga harganya pun akan cenderung naik, dan untuk harga di retail cenderung tetap (tidak cepat didiskon). Atau ada juga jersey khusus atau spesial jersey yang biasanya dijual dalam bentuk box set. Untuk jersey ini biasanya  merupakan jersey untuk memperingati gelar juara, event tertentu, atau sebagai penghomatan kepada pemain atau legenda dari tim tersebut. Harga dari box set, mungkin untuk sekarang berkisar mulai dari 2 juta untuk box set MU.

Hasil gambar untuk MU box set
Sumber: Pic Click

2.Desain
Buat beberapa orang, preferensi membeli sebuah jersey adalah karena desainnya. Kalau desainnya keren, mau tim manapun akan dibeli, selama masih sesuai budget. Desain jersey yang keren biasanya akan menjadi incaran, sehingga sesuai dengan hukum pasar jika permintaan tinggi sedangkan supplai bisa dibilang terus berkurang, maka harga pun akan cenderung bertahan di angka yang tinggi. Sebagai contoh, jersey away MU musim lalu, yang sampai saat ini masih yang saya lihat paling murah itu dijual sekitar 600 ribuan.

3.Umur
Umur, secara umum seperti dengan barang koleksi yang lain, semakin tua maka biasanya akan semakin mahal, hal ini juga berlaku untuk jersey. Apalagi jika jersey berumur itu punya cerita dan memiliki spesifikasi dan kondisi yang baik, ya siap-siap untuk bongkar tabungan.

4. Spesifikasi dan kondisi jersey
Spesifikasi di sini maksudnya adalah jenis jersey tersebut, apakah player issue/authentic, replika, atau SV. Tentunya jersey player issue akan memiliki harga yang lebih mahal dibanding jersey replika apalagi SV. Untuk kondisi maksudnya adalah bagaimana jersey dan tempelan jersey tersebut (jika ada), apakah jersey tersebut dalam kondisi baru, atau memiliki minus seperti sponsor crack, ada noda, atau lain sebagainya. Tempelan seperti patch dan nameset pun akan ikut mempengaruhi harga jersey. Malah terkadang harga (satu set) jersey itu mahal dikarenakan tempelannya lebih mahal dibanding jersey polosnya.

Nah, itulah 4 hal yang bisa mempengaruhi harga jersey sepengamatan saya. Jika ada yang mau menambahkan, silakan.

Comments