Identifikasi Jersey Original Timnas Indonesia 2018

Akhirnya nulis lagi di sini setelah sekian lama. Tulisan ini bersumber dari kultwit KJTI   dengan Faith Football . Dengan dimulainya Piala AFF sejak beberapa hari lalu, tentunya membuat banyak pendukung Timnas Indonesia yang ingin membeli jersey terbaru dari Timnas. Harga jersey ini di store resmi Nike memang cukup mahal, mencapai 1 juta rupiah, tapi di beberapa online shop bisa didapat dengan harga sedikit lebih murah dibanding di Nike Store. Masalahnya, entah karena ketidak-pahaman atau emang seller yang nakal, ada jersey yang terindikasi KW dan diklaim "original Tuntex", dan di banderol di atas harga jersey KW pada umumnya. Nah untuk menghindari ditipu oleh para oknum seller, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan sebelum membeli jersey Timnas Indonesia terbaru ini. 1. Kerapian jahitan Hal pertama yang bisa diperhatikan adalah kerapian jahitan, terutama pada bagian kerah. Selain itu size tag juga terlihat berbeda antara yang original dengan yang KW, dan tulisan pa

PS Mojokerto Putra Tuxedo Kit

Desain jersey di Indonesia rasanya semakin kreatif. Biasanya yang dijadikan tema dalam desain jersey adalah motif-motif kedaerahan, kearifan lokal, julukan tim, atau apapun yang berkaitan dengan tim atau darimana tim itu berasal. Sriwijaya FC misalnya, menyelipkan motif songket di jerseynya; atau Persija yang pernah menyelipkan motif loreng harimau di jersey yang terinspirasi julukan Persija yaitu Macan Kemayoran.


Di Liga 2 musim ini, PS Mojokerto Putra cukup menarik perhatian, dimana pada pertandingan melawan PSS Sleman, PS Mojokerto Putra menggunakan jersey dengan desain unik, yaitu menyerupai tuksedo. Berikut desain dari jersey tuksedo PS Mojokerto Putra dengan apparel Print Sport Indonesia:





Di bagian kerah dalam jersey ini ada kalimat "BERMAINLAH DENGAN RASA BANGGA", yang bisa dimaksudkan agar para pemain PS Mojokerto Putra bermain dengan sepenuh hati, dan bangga menjadi bagian dari klub tersebut. Seperti yang disebutkan di atas, jersey ini pernah digunakan oleh PS Mojokerto Putra di pertandingan resmi, yaitu pada laga melawan PSS Sleman di Liga 2, yang sayangnya gagal dimenangkan PS Mojokerto Putra.

sumber: https://football-tribe.com/indonesia/2018/04/27/jersey-unik-psmp-mojokerto/
PS Mojokerto Putra vs PSS Sleman (Sumber: Football Tribe)

Apakah PS Mojokerto Putra adalah tim pertama yang menggunakan jersey dengan desain tuksedo? 

Bukan, sebelum PS Mojokerto Putra, setidaknya ada 2 tim lain yang pernah menggunakan desain tuksedo untuk jerseynya, yaitu Cultural Leonesa dan V-Varen Nagasaki.

Cultural Leonesa merupakan tim dari Spanyol yang bermain di liga bawah Spanyol (saat ini bermain di divisi Segunda B, kasta ketiga dalam kompetisi sepakbola Spanyol), dimana saat musim 2014/2015 bersama dengan apparel Hummel memperkenalkan jersey dengan desain tuksedo sebagai peringatan 90 tahun berdirinya klub yang berasal dari kota Leon tersebut.

cultural-leonesa
Jersey Tuksedo Cultural Leonesa (Sumber: Whoateallthepies.tv)

V-Varen Nagasaki yang juga bekerjasama dengan apparel Hummel, juga merilis jersey dengan desain tuksedo pada tahun 2015. Jersey ini digunakan untuk memperingati 10 tahun berdirinya klub tersebut.

Varen-Nagasaki-2015-Tuxedo-Kit
Jersey Tuksedo V-Varen Nagasaki (Sumber: Whoateallthepies.tv)

Dengan adanya jersey dengan desain tuksedo ini, mungkin di masa datang pesepakbola bisa memakai jersey seperti ini untuk menghadiri acara-acara formal seperti gala dinner. 😜

Comments