Identifikasi Jersey Original Timnas Indonesia 2018

Akhirnya nulis lagi di sini setelah sekian lama. Tulisan ini bersumber dari kultwit KJTI   dengan Faith Football . Dengan dimulainya Piala AFF sejak beberapa hari lalu, tentunya membuat banyak pendukung Timnas Indonesia yang ingin membeli jersey terbaru dari Timnas. Harga jersey ini di store resmi Nike memang cukup mahal, mencapai 1 juta rupiah, tapi di beberapa online shop bisa didapat dengan harga sedikit lebih murah dibanding di Nike Store. Masalahnya, entah karena ketidak-pahaman atau emang seller yang nakal, ada jersey yang terindikasi KW dan diklaim "original Tuntex", dan di banderol di atas harga jersey KW pada umumnya. Nah untuk menghindari ditipu oleh para oknum seller, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan sebelum membeli jersey Timnas Indonesia terbaru ini. 1. Kerapian jahitan Hal pertama yang bisa diperhatikan adalah kerapian jahitan, terutama pada bagian kerah. Selain itu size tag juga terlihat berbeda antara yang original dengan yang KW, dan tulisan pa

Perbedaan Template dengan Teamwear

Beberapa hari yang lalu ada bahasan menarik di linimasa Jersey Forum tentang template dan teamwear. Keduanya kadang agak rancu (menurut saya) karena kadang banyak tim yang menggunakan desain atau pola desain yang mirip, sehingga kadang bingung membedakan antara template dengan teamwear. Jadi apa bedanya template dan teamwear?

1. Template
Template bisa dibilang merupakan pola dasar dari desain jersey. Beberapa tim mungkin akan mendapatkan template yang serupa dari pabrikan apparel, tapi biasanya kalaupun tim mendapatan template, template tersebut akan diberikan sentuhan khusus, entah dari warna ataupun grafis khusus. Contoh template yang paling mudah mungkin template Nike T90, yang dirilis sekitar tahun 2004.

Gambar terkait
Sumber: bpesphotorepair.com
Keenam desain jersey di atas menggunakan template yang sama, yaitu Nike T90, namun masing-masing diberi personalisasi untuk warnanya, sesuai dengan identitas tim.

2. Teamwear
Teamwear bisa dikatakan sebagai jersey yang telah tersedia dalam katalog pabrikan apparel dan dijual bebas di pasaran. Jadi jika ada tim yang mendapatkan teamwear, bisa dibilang yang tinggal pasang logo tim dan sponsor saja. Sebagai contoh adalah jersey Borneo FC musim ini, tim asal Samarinda tersebut menggunakan Nike untuk apparel mereka musim ini menggunakan template Nike Park VI.
Hasil gambar untuk jersey borneo fc 2018
Jersey Borneo FC 2018 (Sumber: IndoSport)
Gambar terkait
Nike Park VI (Sumber: Pro Direct Soccer)
Biasanya apparel besar jika bekerjasama dengan tim kecil, biasanya mereka akan memberikan teamwear untuk tim tersebut. Selain Borneo FC, rasanya banyak tim yang hanya mendapatkan teamwear dari apparel-apparel besar semacam Nike, Adidas, atau Puma.

Terkadang ada juga template atau desain jersey yang dikeluarkan oleh apparel yang dijadikan teamwear di musim berikutnya. Sebagai contoh, desain jersey tim nasional Jerman untuk Piala Dunia 2018 kemarin, dijadikan teamwear oleh Adidas.

Hasil gambar untuk adidas teamwear 2018/19 based on germany 2018
Sumber: Footy Headlines
Dan untuk jersey teamwear, yang saya tahu akan dijual dengan spesifikasi player issue, bukan replika apalagi SV. Demikian sedikit ulasan tentang template dan teamwear, semoga bisa membantu untuk membedakan antara keduanya.

Comments